
PT KAI Commuter Line Jakarta (KCJ) menyiapkan tiket elektronik (e-ticketing) untuk seluruh stasiun se-Jabodetabek. E-ticketing ini akan diberlakukan mulai Juni 2013. Hari ini Senin Tgl 3 Juni 2013 masyarakat yang bekerja menggunakan kereta mulai merasakan kondisi yang berbeda. Hal ini terlihat di stasiun Bojong gede di pagi hari pukul 06.00 Calon penumpang seperti biasa sudah berada di stasiun. Namun ternyata hari ini calon penumpang dikejutkan dengan pemandangan yang tidak biasanya yaitu banyaknya antrian yang panjang untuk memperoleh tiket. Tentu saja antrian terjadi, Pintu-pintu stasiun baik pintu Utara dan Pintu tengah seluruhnya di tutup kecuali pintu Bagian Selatan. Penumpang yang datang dari arah utara stasiun dan membeli tiket melalui pintu utara stasiun, demikian juga penumpang yang membeli tiket dari pintu tengah, mulai saat ini mereka harus menuju pintu bagian selatan stasiun untuk membeli tiket. Hal ini membuat sebagian penumpang agak kecewa karena harus berjalan kaki dari ujung stasiun bagian utara ke ujung stasiun bagian selatan untuk membeli tiket. Selain itu pintu bagian selatan yang merupakan satu-satunya pintu masuk hanya menyediakan 3 (tiga) buah loket E-ticketing. Praktis dengan kondisi calon penumpang yang jumlahnya sangat banyak terutama di pagi hari yang notabene jam berangkat kerja berada terkumpul di satu pintu tidak dapat dilayani dengan maksimal. Alhasil antrian 3 baris sepanjang +/- 30 meter tidak dapat dihndari belum lagi calon penumpang yang mengantri tidak sabar karena pelayanan pembelian tiket E-ticketing lebih lambat dari pada pembelian tiket menggunakan karcis biasa. Hal ini membuat pihak stasiun membuka loket pelayanan pembelian karcis manual kembali sebagai antisipasi kondisi tersebut.

Rencana PT KAI untuk mengubah sistem pelayanan karcis dari manual menjadi E-ticketing memang bagus karena disamping akan membuat stasiun menjadi steril dan tertib juga akan meningkatkan junmlah penumpang kereta Komuter. Namun barangkali PT KAI perlu melakukan konsolidasi kembali dalam rangka memperbaiki pelayanan kepada masyarakat yang akan membeli tiket. Sebagaimana kita ketahui sistem E-ticketing adalah sistem pelayanan tiket kereta komuter yang baru diujicobakan setelah sistem sebelumnya kurang berhasil dilaksanakan yaitu KARTU KOMET. pada sistem E-tiketing penumpang nanti cukup membayar sejumlah uang untuk sekali harga perjalanan di loket stasiun.Kemudian, petugas akan memasukkan data-data seperti tanggal perjalanan, stasiun pemberangkatan, dan stasiun tujuan.Setelah itu, penumpang cukup menempelkan e-ticketing pada e-gate saat akan masuk peron. Lalu ketika sudah turun dari kereta dan ingin keluar peron, penumpang hanya memasukkan e-ticketing ke e-gate. Mesin e-gate akan menolak e-ticketing jika data-data di dalamnya tak sesuai.

No comments:
Post a Comment